Rabu, 19 Juni 2013

5 Pelajaran Hidup dari Bu Een

Bu Een di tengah murid-muridnya



Belakangan hari ini kita sering sekali mendengar berita tentang seorang guru yang istimewa, namanya Bu Een. Siapakah beliau dan apa yang membuat kita harus belajar banyak?

Berikut 5 Pelajaran Hidup dari Bu Een :

1.      Een Sukaesih, guru penderita rheumatoid arthritis pernah divonis mati 28 tahun lalu. Tapi dia bisa mengalahkan rasa sakit dan mengabdikan dirinya untuk dunia pendidikan. Mendidik anak-anak dalam sebuah kamar berukuran 2x3 meter di kampungnya di Sumedang, Jawa Barat

2.      Een berpesan bahwa di setiap kesulitan, selalu ada kemudahan. Tidak mudah menyerah, apalagi putus asa meski tak jarang menemui rasa lelah dan jenuh. "Allah berfirman, janganlah kita berputus asa atas rahmat Allah," ujar Een.

3.      "Kita dituntut untuk selalu tegar menghadapi kenyataan, apapun bentuknya," jelas Een

4.      Pesan bu Een : dasar ilmu pendidikan hanya satu kalimat singkat :  Yakni kasih sayang dan rasa peduli dengan sesama

Bu Een ketika bertemu Presiden SBY dan Ibu Ani

Apa kunci semangat bu Een? Apa yang membuatnya bangkit dari keterpurukan dan mengabdikan dirinya untuk dunia pendidikan? Bu Een mengaku, semangatnya itu didapatkan setelah mendengar siaran sebuah stasiun radio di Sumedang. Jadi haditsnya seperti ini, 'Sebaik-baiknya manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain'," tuturnya.

Setelah mendengar hadits itu, Bu Een merasa tidak berguna. Dorongan kuat keluarga pun menjadi penyemangat baginya untuk terus hidup sebagai manusia yang bermanfaat bagi orang lain.

"Maka saya putuskan untuk memberikan pendidikan kepada anak-anak di kampung. Mudah-mudahan itu adalah suatu manfaat yang bisa saya berikan kepada orang lain," harap Bu Een.

Kalau bu Een bisa…tentunya kita yang diberi kesehatan dan kemudahan harus lebih bisa ! 

Special Note : Bu Een meraih special award dalam Liputan 6 Award 2013


Kunjungi sosmed kami RAFFClothing di :

Official Website :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar