Rabu, 07 November 2012

Seri Ayah 1 : "Peran Ayah Sebagai Pendorong Prestasi Anak"



Ayah, betapapun engkau sibuk di kantor atau di kegiatan lain di luar rumah, sempatkan waktu bersama si kecil. Ayah bisa mengajaknya bermain bersama ataupun menemaninya belajar. Interaksi antara ayah dan anak memberikan dampak yang sangat baik bagi proses tumbuh kembangnya.

Bagi anak laki-laki, ayah merupakan sosok yangg akan dtirunya. Tanpa disadari, peran ayah berpengaruh kuat terhadap kemampuan dan pola tingkah laku anak laki-laki. Anak laki-laki akan meniru ayah dalam bersikap, berperan, dan bereaksi secara emosional. Anak juga mengikuti tata cara ayah dalam melakukan strategi pemecahan masalah dan berpikir.

Menurut penelitian Blanchard dan Biller, anak laki-laki yang sering berinteraksi dengan ayah secara intensif memiliki nilai yang lebih baik di sekolahnya.

Sementara perlakuan ayah terhadap anak perempuan lebih kompleks, karena dikaitkan dengan sifat-sifatnya nya yg feminin. Perhatian dan dorongan ayah tercinta pada perkembangan pendidikan si gadis kecil memiliki pengaruh yg positif. Seorang anak perempuan yg terbiasa merasakan kelembutan sekaligus bimbingan tegas seorang ayah, lebih siap dan tegar menghadapi hambatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar