Minggu, 09 Desember 2012

Waspada Penyakit Pada Musim Pancaroba



Kenali macam-macam penyakit yang kerap timbul 

di musim pancaroba dan tips penanganannya.


Beberapa hari belakangan hujan dan panas silih berganti. Bahkan terkadang kondisi cuaca sangat ekstrim berganti. Pagi buta hujan turun sangat deras petir menyambar-nyambar, beberapa jam kemudian panas matahari kembali menyengat.

Seringkali, anggota keluarga atau kita sendiri tiba-tiba terserang demam,badan menggigil, batuk pilek atau radang tenggorokan. Sendi rasanya ngilu, selera makan menurun drastis. Mulut terasa pahit dan tubuh menjadi lemas tak berdaya karena stamina drop. Parahnya kalau gejala ini menular di satu lokasi atau lingkungan, misal rumah, tempat kerja, atau sekolah.


Dokter Faizal Mahdi akan membantu kita mengenali gejala dan penyakit di musim pancaroba serta penanganannya.

    1.       Infeksi & Non infeksi

Pada dasarnya, penyakit yang timbul di musim pancaroba terbagi menjadi 2 klasifikasi. Ada penyakit jenis infeksi dan non infeksi. Yang termasuk infeksi antara lain : ISPA, DBD, dan Diare. Kalau non infeksi biasanya diderita oleh anak-anak yang sensitive terhadap perubahan cuaca yang ekstrim kemudian timbul alergi dan bisa berakibat radang juga.

    2.       Jika ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) menyerang

Gejala yang dialami penderita ISPA : panas disertai gejala gangguan saluran pernafasan seperti batuk pilek. Kadangkala ada gejala penyerta yaitu pusing, mual dan muntah. Bahkan yang lebih parah bisa timbul sesak nafas berkepanjangan.
Umumnya ISPA terjadi karena infeksi virus dimana menyerang saat kondisi tubuh drop. Jadi pencegahan utamanya dengan meningkatkan daya tahan tubuh kita.

    3.       Waspada DBD mengintai !

Masih ingat slogan 3M? yaitu Mengubur, Menguras bak air,  dan menutup.  Gerakan 3M tersebut ampuh menghambat pertumbuhan nyamuk sebagai pembawa virus DB.  Bisa juga ditambah menebar bubuk abate dan pemakaian repellent atau lotion anti nyamuk yang banyak beredar di pasaran.
Demam Berdarah (DB) disebabkan virus yang mendompleng di tubuh nyamuk. Ketika kondisi badan kita fit, maka gejalanya tidak akan berat. Apalagi kalau segera ditangani tim medis. Jadi tidak perlu kuatir.

     4.       Jangan sepelekan diare !

Musim hujan tiba, jumlah penderita diare biasanya meningkat . Kebanyakan kita menganggap remeh diare, padahal pada beberapa kasus yang ditemui bisa berujung pada kematian. Untuk mencegah diare, faktor  hygienitas makanan dan tempat makanan harus diperhatikan sungguh-sungguh.  Perhatikan kebersihan tempat tinggal kita, karena di musim hujan biasanya rumah cenderung lebih kotor.
Kalau nyamuk aedes aegypti senang tinggal di tempat bersih, lalat sangat menyukai tempat kotor.

      5.       Tips Perkuat Imunitas Tubuh

Ternyata, faktor kekuatan daya tahan tubuh sangat penting untuk mencegah terjadinya penyakit yang sudah dijelaskan sebelumnya. Nah, sekarang bagaimana caranya agar tubuh tetap fit dan bisa menangkal bibit penyakit yang timbul?
Perhatikan keseimbangan asupan nutrisi secara lengkap dan cukup kandungan gizinya. Perbanyak sayur, buah dan protein. Jika diperlukan ada stimulus multivitamin. Jangan lupa perbanyak minum air putih dan olah raga !

Selain faktor pencegahan, perbanyak doa mohon perlindungan Allah dari semua penyakit dan agar diberi nikmat sehat sekeluarga. Amin.
§        Oleh : Lusi Agustina



Tidak ada komentar:

Posting Komentar